Tuesday, April 12, 2016

Jangan Sembarangan! Cara Mencuci Baju Bayi yang Tepat dan Aman

baju bayi


Kehadiran si buah hati di rumah membuat suasana dirumah menjadi berbeda, terlebih jika melihat cucian dirumah menjadi 2 kali lebih banyak dari biasanya, mengapa tidak? Baju bayi berganti setiap hari setidaknya 10 kali, belum kaos tangan, popok, pernel, dll. banyak sekali bukan?
Namun perlu diperhatikan, saat mencuci baju bayi tidak sembarangan tentunya. Karena bayi sangat sensitif terhadap debu dan kuman yang menempel dalam pakaian, 

Sebagai orang tua kita harus tahu persis kualitas dari pakaian tersebut dan harus teliti menggunakan produk yang akan dikenakan oleh bayi. Sebelum membeli baju bayi ada baiknya melihat label untuk mengetahui bahan pakaian dan cara mencuci yang disarankan didalam label, mencuci baju bayi menggunakan tangan memang dapat dilakukan, tetapi untuk menghemat waktu gunakan mesin cuci untuk model pakaian bayi terutama baju yang dipakai sehari-hari, dan untuk popok yang terdapat kotoran didalamnya sebaiknya mencuci dengan tangan. Untuk memperoleh baju bayi dengan jenis bahan yang mudah dicuci dapat Anda dapatkan di http://www.adorababyshop.co/

Agar tidak salah saat mencuci baju bayi, simak ulasan berikut dibawah ini:

1. Ketahui Bahan Dari Baju Bayi
Hal ini penting dilakukan, mencuci menggunakan mesin cuci memang sangat meringankan pekerjaan ibu bila dibanding dengan mencuci menggunakan tangan, namun ketahui bahan dari pakaian bayi tersebut karena tidak semua pakaian bayi dapat di cuci menggunakan mesin cuci.

2. Pilih Deterjen Yang Sesuai
Tidak ada rekomendasi menggunakan deterjen merk apa yang cocok digunakan mencuci pakaian bayi, namun hal yang harus anda perhatikan adalah cara pencucian, sebab sebagian bayi membutuhkan deterjen khusus untuk pakaian yang dikenakan. Terutama bayi yang memiliki kulit sensitif, karena kulit bayi yang sensitif rentan terkena alergi atau eskim.

Sebelumnya cobalah untuk mencuci pakaian bayi 1 saja menggunakan deterjen yang biasa anda gunakan, dan lihat reaksi pada kulit bayi dengan menggunakan pakaian yang dicuci dengan deterjen yang anda gunakan, jika tidak ada keluhan maka tidak masalah anda menggunakan deterjen tersebut.
Anda dapat memilih deterjen cair dibandingkan dengan deterjen bubuk, sebab deterjen cair lebih mudah untuk dibilas dari pakaian. Hal ini mengurangi resiko terjadinya iritasi pada kulit bayi

3. Sebaiknya Rendam Pakaian Terlebih Dahulu
Pakaian bayi rentan terkena noda yang membandel, seperti bekas ASI, bekas muntah ataupun buang air, sebaiknya rendam pakaian terlebih dahulu dalam larutan deterjen agar noda hilang. Jika diperlukan, gunakan penghilang noda yang aman bagi baju bayi.

4. Pisahkan Pakaian Popok
Khusus untuk pakaian popok pisahkan dari pakaian lainnya, jika diperlukan menggunakan deterjen khusus untuk pakaian bayi, dan dibilas menggunakan air hangat agar sisa deterjen tidak menempel pada popok. Hal ini ditujukan agar terhindar dari bahan kimia yang keras pada popok kain.

5. Suhu Air
Mencuci baju bayi menggunakan air hangat dapat dilakukan dengan suhu air berkisar antara 30-40 derajat celcius, namun jika tidak memungkinkan, anda tetap dapat memakai air dengan suhu normal.
Penting diketahui, setelah membeli baju bayi sebaiknya baju tersebut di cuci terlebih dahulu guna menghilangkan debu dan kotoran bekas produksi, Terutama baju yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Seperti popok, baju dan celana. Untuk pakaian yang tidak berkenaan langsung seperti jaket tidak di cuci pun tidak menjadi masalah.


Demikian tips mencuci baju bayi secara tepat dan aman , semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment